Tujuan Akuntansi Manajemen :

 

1. Perhitungan biaya jasa, produk, tujuan lain

2. Perencanaan, pengendalian, dan pengevaluasian

3. Pengambilan Keputusan

 

Tema Baru Akuntansi Manajemen :

 

1. Orientasi kepada pelanggan

Fokus : peningkatan nilai pelanggan melalui manajemen rantai nilai yang efektif. > Continous Improvement melalui TQM

2. Perspektif lintas fungsional

Inti : pemahaman fungsi bisnis. Jika nilai pelanggan diutamakan dan pendekatan rantai nilai digunakan, maka fungsi bisnis saling berhubungan.

3. Persaingan Global

Perkembangan teknologi dan informasi

4. Manajemen Mutu Total

Penciptaan lingkungan produk tanpa cacat, perlu informasi biaya mutu

5. Waktu sebagai unsur kompetitif

Penghapusan waktu tidak bernilai tambah

6. Kemajuan Teknologi Informasi

Manufaktur terintegrasi dengan komputer, ketersediaan komputer personal > AM mampu merekayasa informasi > Tuntutan pasar : fleksibel > Improvement.

7. Kemajuan Lingkungan Manufaktur

CIM mengaplikasi beberapa kemampuan : CAD, CAE, CAM

( MRP II dan MPP ) Ciri CIM fleksibel

8. Pertumbuhan dan Deregulasi dalam industri Jasa

Deregulasi meningkatkan persaingan

9. Manajemen berdasarkan aktivitas.

Penyebab : permintaan informasi Akuntansi manajemen yang akurat dan relevan

Fokus : aktivitas untuk meningkatkan nilai pelanggan dan keuntungan

 

Jenis Informasi Akuntansi Manajemen :

 

1. Informasi Akuntansi Penuh ( Full Accounting Information )

2. Informasi Akuntansi Diferensial ( Differential Accounting Information )

3. Informasi Akuntansi Pertanggungjawaban (Responsibility Accounting Information )