Bulan delapan  tanggal delapan tahun dua ribu tujuh (08-08-2007) angka yang indah, Saya sangat serius mempelajari PostgreSQL maklum karena saya baru migrasi database  dari Ms SQL Server ke MySQL dari MySQL ke PostgreSQL. PostgreSQL database yang berlogo GAJAH kalau kita tau tentang gajah adalah binatang yang kuat dalam segala hal, mungkin ini yang mengilhami developer postgresql untuk membuat logo gajah dan saya sudah merasakan betapa cepatnya postgres dalam memproses data dengan SQL walau saya harus melakukan penyusuaian sintak SQL  karena ada sedikit perbedaan dengan Ms SQL Server,MySQL, Tetapi yang saya rasakan banyak sintak SQL Postgres yang sangat memudahkan kita dalam mengquery data sedikit contoh :

select t1.* from(select kode_barang,nama_barang,min(tanggal_faktur) as tanggal_faktur from mst_transaksi_pembelian group by kode_barang,nama_barang)t1 where substr(tanggal_faktur,6,2)=’02’ order by t1.tanggal_faktur

 

ini adalah data hasil query sintak SQL diatas :

kode_barang nama_barang                                          tanggal_faktur

601204            BUKU FOLIO IDORA 300                    2007-02-19

601202            BUKU KAS Q IDORA 2K-100             2007-02-19

601207            BUKU KAS Q IDORA  3K-100            2007-02-19

601206            BUKU KELUAR MASUK IDORA        2007-02-19

601203            BUKU FOLIO IDORA 200                    2007-02-19

601205            BUKU FOLIO IDORA 100                    2007-02-19

Kalau kita perhatikan saya mengquery data dengan transaksi pada bulan 02 (dua), jika kita dengan menggunakan MsSQL Server atau MySQL kita harus merubah format tanggal_faktur tersebut dengan tipe Teks padalah jika field tanggal selalu dengan tipe field Date() arti kata Postgres “KAU TAU YANG KUMAU” asik yaaa.. berterimakasih dengan developer Postgres. Ibarat wanita Postgres itu “SUDAH CANTIK+SEKSI GRATIS LAGI” siapa yang nggak mau haaahaaaaaa aya-aya wae… ono-ono aeee, Hari gini masih ada yang Gratis hiiiheiiiiii… apalagi ditambah saat ini Microsoft or bang Bill lagi kehabisan uang hiihiiiiiii maaf bang bill becanda…. sweping software lagi galak-galaknya disamping untuk memperbaiki citra Negara kita Indonesia yang terkenal dengan …….. anda pasti sudah tau kan hiiihiii mungkin anda salah satu diantara …… atau penggunanya hihiiiiii termasuk saya sendiri, habis mau gimana kalau kita tidak ….. kapan kita bisa pinter hihiiiii, semuanya kembali ke diri masing-masing aja oke broooo.. kok udah jauh yaa ceritanya dari database maaf kelewatan asik membicarakan yang ……  dengan adanya database yang Free alias gratis sangat membantu kita semua di dunia ini yang membutuhkan database apalagi para programmer yang hanya punya modal sedikit tetapi ingin mendapatkan keuntungan yang melimpah ruah dari membangun sistem pasti tertawa lebar huaaaahaaaaaa asikkkkkk… selamatlah para programmer,software house dan banyak lagi yang diuntungkan terlebih perusahaan owner tersenyum… tetapi kalau orangnya  IT ngomong ke owner pak kita harus beli database Ms SQL Server  License langsung owner stresss…. dan Tanya berapa harganya yang pasti pak dijawab orang ITnya lebih mahal Ms SQL Server daripada Sepeda Motor baru pak waahwaaah sabar dulu yaaa saya pikirkan, setelah itu giliran orang ITnya yang stresss cari solusi dan intinya kembali lagi kalau kita harus Belajar dan Belajar terus tidak ada hentinya untuk memecah masalah yang saya ceritakan ini. Karna saya sudah mengalaminya, makanya saya bisa ceritaaaaaaaaaaaa….. ini belum lagi kalau orang IT developernya bilang begini ke owner pak OS server kita juga harus pake yang License pak, haaaa apa kaget ownernya berapa harganya Mahal pak wah,wah,wah,wah nggak ada yang murah dijawab dengan orang ITnya ada pak OS yang murah bapak Bikin Sendiri… ya kalau begitu mulai besok kamu saya PECAT, karna saya mau bikin OS sendiri yang murah hahaaahaaaa…..  sedikit saya jelaskan kalau saya tidak pernah fanatik terhadap sesuatu kita bebas memilih yang mana dan pada intinya kita hanya tinggal menghitung cost and benefit maksudnya brooooo hidup ini sudah susah jangan tambah susah cari yang gampang aja walau cari yang gampang itu juga tidak mudah… intinya semakin banyak kita explore berbagai macam database semakin banyak kita mendapatkan ilmu… semua database client server baik dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan seperti kita MANUSIA tidak ada yang SEMPURNA….