Petunjuk install Database Postgresql 8.2.4 di openSUSE LINUX 10.3 dengan menggunakan YAST. Fasilititas kontrol di SUSE LINUX dengan menggunakan GUI (Grafic User Interface) adalah YAST, jika menggunakan windows yang kita kenal dengan Control Panel, walaupun newbie dilinux pasti anda bisa mengikuti langkah demi langkah proses instalasi Database Postgresql ini. Sekilas saya bercerita tentang Postgresql, sesuai dengan apa yang saya rasakan selama menggunakan database ini maksudnya postgresql adalah kecepatan dan keamanan, dari beberapa database yang saya gunakan dari versi komersial sampai versi yang gratis, untuk saat ini pilihan terakhir saya adalah postgresql, hal ini berkaitan dengan pekerjaan saya sebagai Database Application Developer, mencari solusi untuk menghindari yang berkaitan dengan HAKI, untuk membeli database komersial investasinya sangat besar akhirnya menggunakan versi GPL (General Public License), secure, and easy to use.